Kata Ganjar, Posko Prabowo Bikin Jokowi Menang Telak di Jateng

Article

Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan keberadaan posko Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno malah bikin pendukung Joko Widodo (Jokowi) semangat. Hal itu, menurut Ganjar, membuat Jokowi bisa unggul di Jateng.

"Kayaknya justru poskonya ditaruh di sana jadi semua semangat. Jadi semua semangat, semua bekerja dan alhamdulillah di Jawa Tengah kondusif ya bekerjanya juga cukup serius. Kelompok masyarakat, kelompok ulama, kebetulan mereka solid untuk mendukung Jokowi-Ma'ruf maka kolaborasi kekuatan besar itu membikin suara lompatan cukup tinggi," kata Ganjar di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2019).

Dia mencontohkan raihan suara di sejumlah daerah yang menurutnya mengejutkan. Alasannya, saat Pilkada 2018, dia kalah di wilayah itu, tapi saat Pilpres suara Jokowi-Ma'ruf unggul.

"Saya dulu kan kalah di Brebes, tapi sekarang Brebes balik 70 persen lebih. Tegal juga lompatannya luar biasa. Kebumen saya kalah juga dulu, Purbalingga saya juga kalah tapi Pak Jokowi menang mutlak semuanya. Mudah-mudahan yang itu tadi ya tidak bikin kita sombong," ujarnya.

Berdasarkan data dari Situng KPU per pukul 13.00 WIB hari ini, Jokowi-Ma'ruf sementara unggul dibanding Prabowo-Sandiaga di Jawa Tengah. Dari 85,7 persen suara yang sudah masuk di Jawa Tengah, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 14.438.251 suara, sementara Prabowo-Sandiaga mendapat 4.224.430 suara.

Data yang ditampilkan pada Situng KPU ini merupakan data berdasarkan angka yang tercantum dalam salinan formulir C1 sebagai hasil penghitungan suara di TPS. Jika terdapat perbedaan antara angka yang tertulis dan angka yang tercantum dalam salinan Formulir C1, akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

KPU juga menyatakan data yang ditampilkan bukan merupakan hasil final, karena hasil akhir penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 akan ditetapkan secara manual melalui rapat rekapitulasi secara berjenjang di setiap tingkatan. Rekapitulasi akhir KPU secara nasional rencananya akan keluar pada Rabu (22/5). 

detik.com



Headline