Masuk Bulan Puasa, Makin Banyak Orang Beli Kendaraan Bermotor

Article

Jakarta - Sejumlah multifinance memprediksi terjadi peningkatan permintaan kredit pada Ramadan dan menjelang Lebaran. 

Direktur Utama BCA Finance Roni Haslim menjelaskan memang menjelang lebaran seperti tahun sebelumnya, terjadi permintaan kredit. Dia menyebut hal itu adalah terjadi lantaran masyarakat ingin menggunakan kendaraan baru saat hari raya. 

Saat ini BCA Finance menyalurkan kredit untuk kendaraan roda empat.

"Saat ini masih terlalu awal karena hari pertama, biasanya pada minggu kedua sudah mulai naik. Proyeksi kami 10% lebih tinggi dibanding bulan biasa," ujar Roni kepada detikFinance, Senin (6/5/2019).

Sementara itu dari multifinance penyalur kredit sepeda motor Adira Finance juga memproyeksikan ada peningkatan pada periode Ramadan ini.

"Kita harapkan bulan Mei ini ada peningkatan penjualan hingga 10% dibandingkan bulan yang lalu," ujar Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli.

Sebelumnya untuk mendorong penyaluran kredit multifinance, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan relaksasi untuk pembiayaan kendaraan bermotor yang kini uang mukanya bisa sampai 0%, namun tidak semua perusahaan pembiayaan atau leasing bisa memberikan DP 0%.

Relaksasi OJK itu tertuang dalam Peraturan OJK nomor 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan. Pasal 20 ayat 1 beleid menjelaskan perusahaan pembiayaan yang memiliki tjngkat kesehatan keuangan dengan kondisi minimum sehat dan mempunyai nilai rasio pembiayaan bermasalah atau NPF neto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih rendah atau sama dengan 1?pat menerapkan ketentuan DP 0%.

detikfinance



Headline