Cara Kerja Buzzer yang Bikin Viral di Twitter Setiap Pagi Menurut Pakar Sosmed

Article

Jakarta - Buzzer atau kalangan yang memanfaatkan Twitter serta media sosial lain secara umum untuk mengangkat isu supaya menjadi perbincangan atau sudut pandang tertentu, menyiapkan topik setiap pagi sehingga viral hari itu.

Menurut analis media sosial Drone Emprit, Ismail Fahmi, penyiapan isu dilakukan sehingga saat orang-orang membuka Twitter, sudah ada trending topic yang otomatis akan menjadi perbincangan.

“Akan ada isu pagi-pagi, yang dinaikkan oleh bot terlebih dahulu. Tujuan mereka, paling tidak isu itu muncul di trending topic,” ujar Ismail dalam ILC tvOne, Selasa, 8 Oktober 2019.

Ismail menyampaikan, setelah isu ramai, buzzer-buzzer juga menyetir isu itu supaya sudut pandang tertentu muncul di masyarakat. Hal itu bisa dilakukan dengan cuitan yang dibuat sendiri, meme, hingga video-video yang diviralkan.
 
“Peran buzzer manusia (bukan bot) di sini sudah lebih besar,” ujar Ismail.

Ismail juga mengemukakan, cara membuat isu tertentu mencuat di Twitter belakangan juga jamak dilakukan semisal dengan metode ‘give away’.

Buzzer misalnya cukup membagikan pulsa Rp25 ribu dengan syarat netizen yang jumlahnya begitu banyak, meretweet cuitan tertentu yang disertai tagar yang ingin dimasukkan ke trending topic juga.

“Punya Rp50 ribu misalnya, bisa dibagi ke dua pemenang, masing-masing Rp25 ribu dengan syarat misalnya satu tweet diretweet lebih dari 500 kali,” ujar Ismail.

Sumber Vnews



Headline