Cek di Sini, Apa Smartphonemu Masuk Kategori Overheating atau Gak?

Article

Gak perlu kaget kalau saat menggunakan smartphone tiba-tiba kamu terasa tanganmu panas. Panas yang dihasilkan smartphone itu adalah salah satu akibat dari penggunaan smartphone yang cukup intens, misal untuk chatting atau main games.

Kendati wajar, ternyata panasnya smartphone itu bisa berbahaya lho! Terlebih jika panasnya sudah berlebihan. Untuk itulah, kamu perlu tahu kategori panas smartphonemu apa masuk kategori bahaya alias overheating atau kategori panas biasa saja karena penggunaan rutin.

Pakai aplikasi CPU Temperature untuk cek suhu di smartphonemu.

Nah, sebelum kamu tahu panas pada smartphonemu masuk kategori mana maka kamu wajib meng-instal aplikasi CPU Temperature di smartphone. Aplikasi ini bisa membantumu mengetahui apa panas dalam smartphone termasuk kategori normal atau sudah berbahaya alias overheating.

Data yang disajikan dalam aplikasi ini termasuk lengkap lho guys! Mulai suhu prosesormu, RAM lengkap dengan grafisnya dan kamu juga bisa men-setting aplikasi bakal berbunyi saat sudah overheating. Fyi, di aplikasi itu kamu juga bisa mengetahui kategori panas smartphone. Berikut penjelasan lengkapnya.

Suhu normal smartphone itu ada di kisaran 30 sampai 35 derajat celcius.

Ya, agar kamu bisa tahu apakah smartphonemu itu panasnya berbahaya atau gak maka kamu perlu mengenali dahulu apakah panas yang dihasilkan adalah masih dalam batas normal atau tidak. Dikutip dari Gadgets To Use, suhu normal smartphone saat tak digunakan itu antara 30 sampai 35 derajat.

Indikasinya adalah saat kamu memegang smartphone, tangan terasa hangat tapi tak terlalu panas. Nah, kalau saat digunakan untuk chatting atau browsing atau juga saat sedang diisi ulang maka normalnya sih suhu smartphone ada dikisaran 35 sampai 45 derajat celcius.

Suhu ini sih setara suhu tubuhmu yang hangat karena masuk angin pasca hujan-hujanan.

Kalau saat dipakai main, maka suhu sudah mulai terlalu panas yakni 54 derajat celcius.

Sementara itu, saat dipakai main atau digunakan untuk menjalankan banyak aplikasi maka suhu normal smartphone jadi melonjak yang awalnya di kisaran 30 derajat celcius jadi sekitar 54 derajat celcius. Hal ini kabarnya diakibatkan kinerja prosesor yang sudah terlalu tinggi, sehingga menyebabkan suhu pun jadi naik.

Nah, pertanyaannya masih normal gak angka segitu untuk ukuran suhu smartphone? Jawabnya tentu masih.

Suhu tinggi karena penggunaan tinggi masih bisa dibilang wajar. Jadi gak wajar, kalau tiba-tiba smartphonemu suhunya setinggi itu tapi kamu gak menggunakannya untuk chatting atau main games alias dibiarkan begitu saja.

Kamu wajib waspada kalau angka suhu smartphonemu naik menjadi 80 hingga 90 derajat.

Itu tanda awal-awal overheating guys. Soalnya, angka segitu bikin smartphone jadi panas banget dan gak nyaman saat digenggam. Sebisa mungkin matikan saja smartphonemu atau jika format baterainya removable, maka segera copot. Hal ini untuk menghindari terjadinya ledakan seperti pada Samsung Galaxy Note 7.

Jangan coba-coba gunakan smartphonemu kalau panasnya sudah setara panas kobaran api. Lebih baik kamu segera ganti smartphone deh, ketimbang bahaya!



Headline