Pertanda Paling Kuat Planet Mirip Bumi Dihuni Alien

Article

Jakarta - Dalam melakukan penelitian planet di alam semesta yang mungkin dihuni alien, ilmuwan selalu mencari pertanda paling kuat. Yaitu apakah ada air di sana.

Di Bumi, tidak ada satupun kehidupan dapat eksis tanpa air. Ilmuwan pun meyakini hal yang sama juga berlaku di planet lain, betapapun jauh jaraknya.

Maka, temuan planet K2-18b yang terindikasi kuat punya air di atmosfer adalah sebuah terobosan. Meskipun tidak diketahui apakah juga ada aliran air di permukaannya, sampai saat ini belum ada planet lain yang punya kondisi sama.

"Kami belum mengetahui planet lainnya dengan temperatur yang tepat yang mempunyai air di atmosfer," cetus Angelos Tsiaras, astronom di University College London yang terlibat dalam penelitian K2-18b.

Melalui teleskop, para ilmuwan menganalisis ukuran cahaya bintang, ketika planet K2-18b melalui orbitnya dalam 8 kesempatan. Terungkap bahwa saat K2-18b melintas di depan bintangnya, panjang gelombang cahaya yang diserap oleh materi yang diduga air mendadak turun dan naik lagi ketika si planet kembali berjalan.

Sumber detik



Headline